Mengaji Sembari Berdakwah

pengembangan metode dakwah
Gambar ilustrasi pengembangan metode dakwah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Ketika kita memutuskan untuk menjadi pengemban dakwah, kita menyadari bahwa perjalanan ini bukanlah perjalanan yang mudah.

Namun, kita juga memahami bahwa setiap langkah yang kita ambil dalam dakwah adalah investasi bagi kehidupan kita di dunia dan akhirat.

Istiqomah, yang berarti tetap teguh dan konsisten dalam kebenaran, menjadi fondasi penting dalam menjalankan dakwah.

Mengapa Kita Istiqomah dalam Dakwah?

Istiqomah dalam dakwah adalah cerminan dari keyakinan yang kokoh. Kita tidak hanya berbicara tentang kebaikan, tetapi juga berusaha menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam Islam, kita diajarkan untuk menjadi umat yang terbaik, yang menyeru kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran.

Allah SWT berfirman:

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran: 104)

Ayat ini memberikan kita motivasi untuk terus istiqomah dalam dakwah. Kita diajarkan untuk menjadi agen perubahan, yang membawa cahaya di tengah kegelapan dan memberikan harapan di tengah keputusasaan.

Mengapa Kita dianjurkan untuk Menghadiri Kajian Pekanan?

Menghadiri kajian pekanan adalah salah satu cara kita untuk terus memperbarui dan memperdalam keimanan, pengetahuan dan semangat memperjuangkan Islam.

Ilmu adalah cahaya, dan dengan ilmu, kita dapat memahami lebih dalam tentang tujuan hidup kita dan bagaimana menjalani kehidupan yang sesuai dengan ajaran Islam.

Baca Juga:  Beginilah Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia yang Diciptakan Allah Swt

Kajian pekanan juga memberikan kita kesempatan untuk berkumpul dengan sesama pengemban dakwah yang memiliki semangat dan tujuan yang sama, sehingga kita bisa saling menguatkan dalam kebaikan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Menjadi pengemban dakwah, rajin menghadiri kajian, dan hidup di lingkungan pemuda yang sholeh adalah upaya yang membutuhkan komitmen dan keteguhan hati.

Kita harus selalu ingat bahwa dakwah adalah tugas mulia yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita, dan dengan istiqomah dalam menjalankannya, kita sedang berusaha menjadi hamba yang terbaik di sisi-Nya.

Mari kita terus berjuang di jalan dakwah, memperkuat iman melalui kajian pekanan, dan menjaga diri dalam lingkungan yang sholeh.

Dengan demikian, kita tidak hanya menjadi pribadi yang lebih baik, tetapi juga berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik. Semoga Allah SWT selalu memberikan kita kekuatan untuk istiqomah dalam setiap langkah kita. Aamiin. [] Nurul Hikmah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post