Perlu Diketahui! Inilah 7 Perintah dan Larangan dari Rasulullah

bentuk larangan dan perintah Rasulullah
Gambar ilustrasi bentuk larangan dan perintah Rasulullah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org –  Rasulullah adalah suri tauladan umat muslim. Setiap perkataan, perbuatan maupun ketetapannya adalah sunah dan dianjurkan untuk ditiru oleh umatnya.

Ajaran yang disampaikan Rasulullah tidak hanya tentang agama, tetapi juga memberikan arahan atau pedoman dalam menjalani hidup yang baik dan benar.

Dalam sebuah hadis Riwayat Imam Bukhori dan Muslim telah dijelaskan 7 (tujuh) perintah dan larangan yang disampaikan oleh Rasulullah saw.

عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ أَمَرَنَا بِعِيَادَةِ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعِ الْجَنَازَةِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ وَإِبْرَارِ الْقَسَمِ أَوْ الْمُقْسِمِ وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ وَإِجَابَةِ الدَّاعِي وَإِفْشَاءِ السَّلَامِ وَنَهَانَا عَنْ خَوَاتِيمَ أَوْ عَنْ تَخَتُّمٍ بِالذَّهَبِ وَعَنْ شُرْبٍ بِالْفِضَّةِ وَعَنْ الْمَيَاثِرِ وَعَنْ الْقَسِّيِّ وَعَنْ لُبْسِ الْحَرِيرِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالدِّيبَاجِ

Dari al-Barra’ bin Azib berkata; Rasulullah telah memerintahkan kami tujuh perkara yaitu;

  1. Menjenguk orang sakit
  2. Mengiringi jenazah
  3. Mendoakan orang yang bersin
  4. Menunaikan sumpah
  5. Menolong orang yang terdzolimi
  6. Memenuhi undangan
  7. Menebarkan salam

Rasulullah juga melarang kami dari tujuh perkara yaitu;

  1. Memakai cincin yang terbuat dari emas
  2. Minum dengan bejana perak
  3. Memakai mitsarah (alas duduk yang terbuat dari sutra)
  4. Assiqy (salah satu jenis pakaian sutra dari daerah qiss)
  5. Memakai sutra
  6. Istabraq (memakai pakaian sutra yang tebal)
  7. Dibaj (pakaian dibuat dari sutra terbaik). (H.R Bukhori dan Muslim)
Baca Juga:  7 Golongan Orang yang Akan Dinaungi Allah di Hari Kiamat

Rasulullah melarang laki-laki memakai sutra karena hal ini dapat menyerupai sifat wanita yang suka berhias. Laki-laki yang memakai sutra dapat menghilangkan ciri khas seorang laki-laki seperti ketegaran, kekuatan, dan kejantanannya.

Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang memakai sutera di dunia maka ia tidak akan memakainya di akhirat.”

Tidak sepenuhnya dilarang, memakai sutra bagi kaum laki-laki diperbolehkan jika dalam keadaan yang membolehkan laki-laki tersebut memakai sutera.

Semua perintah dan larangan ini bertujuan untuk melindungi umat muslim dan sebagai salah satu wujud cinta Rasulullah kepada umatnya. Semua hal yang dilarang Rasulullah pasti merujuk pada kebaikan.

Dengan memahami perintah dan larangan ini, kita dapat mengarahkan diri menuju kehidupan yang lebih baik dan penuh berkah. [] Alya Rosadiana

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post