Hanya Ada Di Bulan Ramadhan! Ini Dia Penjelasan Tentang Malam Lailatul Qadar yang Penuh dengan Kemuliaan

Malam Lailatul Qadar
Gambar ilustrasi kemuliaan malam lailatul qadar

Almuhtada.org – Bulan Ramadhan menjadi salah satu Bulan yang memiliki banyak hal istimewa dibandingkan dengan bulan – bulan lain dalam kalender Hijriyah.

Ia juga menjadi bulan yang paling dinanti – nantikan oleh umat muslim karena banyaknya keutamaan dan kemuliaan yang ada dalam bulan tersebut.

Salah satunya adalah malam Lailatul Qadar yang memiliki keistimewaan tersendiri pada bulan Ramadhan tersebut.

Ia bisa dibilang memiliki keistimewaan tersendiri karena banyak sekali penjelasan baik dari Al Quran maupun hadits yang menerangkan keutamaan dari bulan tersebut.

Karena sangat istimewanya malam ini Allah SWT sampai menurunkan surah yang mana ia khusus membahas tentang kemuliaan dari malam Lailatul Qadar itu.

Surah tersebut adalah Surah Al – Qadr yang mana keseluruhan ayat dari  Surah tersebut menyebutkan tentang berbagai keutamaan dari Malam Lailatul Qadar tersebut.

Yang membuatnya unik daripada malam yang lain adalah Malam Lailatul Qadar tidak memiliki tanggal pasti kapan terjadinya malam tersebut.

Hanya satu tanda pasti yang menandakan adanya malam tersebut yaitu Malam Lailatul Qadar akan ada diantara 10 malam terakhir dibulan Ramadhan.

Sehingga jika kita ingin mendapatkan keutamaan dari Malam Lailatul Qadar maka kita harus berpatokan pada 10 hari terakhir yang jaraknya cukup dekat dari sekarang ini.

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang dikatakan lebih baik daripada seribu malam. Hal itu dibuktikan dengan berbagai penjelasan tentang Malam Lailatul Qadar dari berbagai sumber.

Baca Juga:  Mengenal dan Menerapkan Tiga Adab Dalam Menuntut Ilmu, Simak Penjelasannya!

Nilai pahala yang kita terima pada malam tersebut juga akan dilipatgandakan lebih banyak dari malam – malam pada Bulan Ramadhan tersebut.

Adapun amalan – amalan dari Malam Lailatul Qadar yang bisa kita amalkan itu banyak sekali.

Namun amalan yang lebih dikhususkan adalah pada saat malam hari seperti melakukan Shalat Tarawih atau Shalat Qiyamul Lail.

Amalan lain yang bisa kalian lakukan seperti I’tikaf di masjid, memperbanyak dzikir dan do’a, dsb.

Pada malam tersebut dikabarkan bahwa akan ada seribu malaikat yang turun ke bumi untuk mencatat amal baik yang dilakukan oleh hamba Allah.

Karena itu hendaklah kita mempersiapkan dengan baik ibadah kita pada Malam Lailatul Qadar yang akan datang.

Sehingga kita bisa mendapatkan keutamaan dan kemuliaan dari Malam Lailatul Qadar tersebut. [] Idha Fitri Nuril Layliyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post