Umat Muslim Minimal Hafalkan 5 Surah Ini Sebelum Meninggal!

Ilustrasi Gambar Anak Yang Sedang Menghafal Al Qur'an (Pinterest.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian. Kematian datang secara tiba – tiba, tidak ada yang tahu pasti kapan ajal menjemputnya. Islam telah memberikan peringatan kepada umatnya untuk bersiap – siap dalam menghadapi kematian.

Selagi masih diberi umur, kita perlu menyiapkan bekal untuk di akhirat. Banyak cara menyiapkan bekal untuk kehidupan di akhirat, salah satunya adalah dengan mengahafalkan 5 surah di dalam Al-Qur’an yang memiliki banyak keistimewaan didalamnya.

5 surah tersebut adalah Al – Mulk, Al – Kahfi, Al – Waqi’ah, Al – Baqarah, Ayat 1000 dinar dan Al – Insyirah.

  1. Surah Al – Mulk

Surah Al – Mulk merupakan surah pertama pada juz 29 dalam Al – Qur’an. Surah ini termasuk surah Makiyyah yang terdiri dari 30 ayat.

Dalam beberapa Riwayat dikatakan bahwa membaca surah Al – Mulk sebelum tidur akan menjaga pembacanya dari mimpi buruk hingga siksa kubur. Akan lebih Istimewa lagi ketika dapat menghafal surah Al – Mulk.

  1. Al – Kahfi

Surah Al – Kahfi tergolong surah Makiyyah yang terdiri dari 110 ayat.

Meskipun banyak, kamu tidak perlu menghafal seluruh ayat, cukup 10 ayat pertama surah Al – Kahfi.

Rasulullah SAW bersabda : “Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surah Al – Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah).” (HR. Abu Daud)

  1. Al – Waqi’ah
Baca Juga:  Keistimewaan Buah Pisang Menurut Islam

Surah Al – Waqi’ah tegolong surah Makiyyah yang terdiri dari 90 ayat.

Membaca surah Al – Waqi’ah setelah subuh atau maghrib dapat membuka pintu rezeki dan dijauhkan dari kesusahan dan kefakiran. Barangsiapa yang menghafalnya akan diberikan keistimewaan lebih.

  1. Al – Baqarah

Surah Al – Baqarah tergolong surah Makiyyah yang terdiri dari 286 ayat.

Menghafal seluruh ayat dalam surah Al – Baqarah sangat di utamakan, namun jika kamu tidak sanggup tetapi ingin memiliki keistimewaan seperti orang yang menghafal satu surah Al – Baqarah, maka kamu dapat menghafal 2 ayat terakhir surah Al – Baqarah.

Keistimewaan yang didapatkan yaitu, dilindungi dari godaan syaitan dan rasa takut, serta mendatangkan berkah dan rahmat dari Allah SWT.

  1. Ayat 1000 Dinar & Al – Insyirah

Ayat 1000 dinar adalah penggalan ayat yang diambil dari surah At – Talaq : 2 -3.

Barangsiapa yang menghafalkan ayat 1000 dinar dengan surah Al – Insyirah maka akan dimudahkan rezekinya dari jalan yang tidak disangka – sangka. [] Aulia Cassanova

Editor : Moh. Aminudin

Related Posts

Latest Post