Kisah Khalifah Umar Dengan Penggembala Kambing

ilustrasi Gambar Kambing (freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Umar bin Khattab merupakan seorang sahabat nabi. Umar juga merupakan Khulafaur Rosyidin ke 2 setelah Abu Bakar As-Shiddiq. Umar bahkan diijuluki sebagai Assadullah atau Singanya Allah.

Umar juga merupkan sosok yang sangat bertanggung jawab kepada rakyatnya. Namun ada suatu hari Umar dibuat kagum oleh sikap yang dimiliki oleh salah satu rakyatnya. Pada hari itu Kholifah Umar bin Khatab sedang melakukan perjalanan dari Madinah menuju Makkah.

Ditengah perjalanan Umar bertemu dengan seorang anak yang tengah mengembala kambing-kambingnya. Kholifah umar lalu berkata kepada sang anak. ‘’Wahai pengembala, banyak sekali kambing-kambingmu, bersediakan engkau menjual salah satunya kepadaku?’’.

Sang anak yang masih merasa keheranan karena tiba-tiba ada orang asing mendekatinya. Lalu sang anak itu menggelengkan kepalanya dan bekata ‘’Maaf tuan, kambing-kambing ini bukan milikku, aku hanyalah seorang budak pengembala kambing’’.

Umar pun takjub dengan sang pengembala kambing tersebut. Kemudian Umar pun ingin mengujinya dan bertanya kembali ‘’Wahai pengembala, tidak ada seorang pun yang tau atau jika kau menjual satu ekor kambing itu kepadaku, bahkan tuan mu pun tidak akan tau!’’

Sang anak pun dengan yakin menjawab pertanyaan dari Umar bin Khattab ’’Engkau benar tuan, memang tidak ada orang yang tahu. Namun ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat, Allah selalu melihat segala sesuatu yang dilakukan oleh setiap hambanya”

Baca Juga:  Kisah Abdullah Ayahanda Nabi Muhammad Yang Pernah Dijadikan Bahan Taruhan Dalam Nadzar Ayahnya

Khalifah Umar pun langsung dibuat kagum atas jawaban anak tersebut.  Oleh karena sifat jujur Sang anak. Akhirnya Khalifah Umar meminta kepada sang anak untuk mengantar kannya kepada sang pemilik kambing.

Sesampainya dirumah sang pemilik kambing, Khalifah Umar langsung menyampaikan maksud kedatanganya. ‘’Bolehkah Saya memerdekakan budak ini dan membeli beberapa kambing mu?’’ ucap Khalifah Umar. Pemilik kambingpun merasa heran, namun ia tidak menghiraukannya. Ia menyetujui permintaan Khalifah Umar tersebut.

Setalah Khalifah Umar pergi, Ia menyampaikan pesan kepada anak tersebut ‘’Sekarang engkau sudah merdeka, Saya kagum dengan keteguhan sifatmu. Pertahankan dan jangan sampai sifat amanah yang engkau milliki itu hilang!’’

Tak lupa Khalifah Umar pun memeberikan kambing yang Ia beli dari majikan si anak tersebut. Si pengembala tidak bisa menutupi  rasa bahagiannya. Sifat amanahnya membebaskannya  dari status budak.

Ia pun menyampaikan terima kasihnya kepada Khalifah Umar. ‘’Terima kasih tuan, semoga Allah senantiasa memberikan kebaikan kepadamu’’ ucap sang pengembala kambing tersebut.

Khalifah umar pun sangat bangga kepada sikap yang dimiki oleh warganya. Ia yakin bahwa Allah akan selalu menjaga hambanya. Khalifah umar pun pamit kepada sang pengembala kambing tersebut untuk melanjutkan perjalanannya. [] Juliana Stefani

Editor : Moh. Aminudin

Related Posts

Latest Post