5 Makhluk Hidup yang Tidak Memiliki Ayah dan Ibu

Makhluk Hidup Tanpa Orang Tua
Gambar Ilustrasi Makhluk Hidup Tanpa Orang Tua (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Pada umumnya makhluk hidup berasal dari hasil proses reproduksi dari orang tuanya, baik itu hewan dengan cara seksual maupun aseksual, tumbuhan juga harus melalui proses reproduksinya yaitu generatif maupun vegetatif, bahkan manusia juga.

Tetapi, dalam Islam ada keyakinan bahwa ada beberapa makhluk hidup ini lahir tanpa melalui proses reproduksi dan ada di dunia ini. Berikut pembahasannya

  1. Nabi adam

Nabi Adam a.s. merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah dari tanah. Dalam surat Ali Imran ayat 59 disebutkan bahwa Nabi Isa diciptakan seperti Nabi Adam yaitu menciptakannya dari tanah lalu Allah mengucapkan kun fayakun maka Nabi Adam pun tercipta.

  1. Kambing yang menggantikan Nabi Ismail

Dalam surah As-Saffat ayat 99 sampai dengan 111 menceritakan tentang sejarah peristiwa qurban. Dalam ayat tersebut diceritakan bahwa dalam mimpi Nabi Ibrahim Allah memerintahkan untuk menyembelih Nabi Ismail untuk menguji keimanan Nabi Ibrahim.

Dalam ayat 107, disebutkan bahwa Allah mengganti Nabi Ismail dengan Kambing / Domba yang gemuk. Dalam beberapa tafsir menyebutkan bahwa domba tersebut berasal dari surga.

  1. Unta mukjizat Nabi Sholih

Mukjizat Nabi Sholih adalah satu unta betina yang keluar dari batu yang disebutkan dalam surah Al-A’raf ayat 73. Walau dalam ayat tersebut tidak menyebutkannya secara tersurat, tetapi diyakini oleh para ahli tafsir bahwa unta tersebut keluar dari batu yang besar karena pada saat itu Nabi Sholih menunjuk ke Batu besar tersebut lalu keluarlah unta yang indah dan sedang hamil.

  1. Burung yang dibuat oleh Nabi Isa
Baca Juga:  Role Model Sosok Ayah dari Kisah Nabi Nuh A.S

Berdasarkan surah Ali Imran ayat 49 yang artinya “Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah.”

Dalam ayat tersebut disebutkan secara jelas bahwa Nabi Isa diberi mukjizat oleh Allah dengan  burung yang terbuat dari tanah liat lalu Nabi Isa meniupnya maka atas izin Allah burung tersebut hidup dan menjadi burung sungguhan.

  1. Ular dari tongkat Nabi Musa

Kisah Nabi Musa merupakan Nabi yang sering disebutkan dalam Alquran. Dalam salah satu ayatnya pun disebutkan bahwa Nabi Musa memiliki satu tongkat yang atas izin Allah menjadi salah satu mukjizat Nabi Musa, bahkan kejadian tersebut disebutkan sebanyak 5 kali dalam Alquran yaitu Surat Al-A’raf ayat 107, Surat Yunus ayat 81-82, Surat Thaha ayat 20, Surat Al-Qasas ayat 31, dan Surat Al-Qasas ayat 29-34. Dalam beberapa ayat tersebut menyebutkan bahwa tongkat tersebut dilempar oleh Nabi Musa lalu berubah menjadi ular yang sangat besar lalu memakan semua uar kecil yang dibuat oleh para penyihir fir’aun.

Demikianlah beberapa hewan yang lahir di dunia ini tanpa melalui proses reproduksi dan pastinya tidak memiliki ayah dan ibu serta ada di dunia ini atas izin dan kuasa Allah SWT. semoga bermanfaat. [] Shofiyatul Afiyah

Baca Juga:  Adab Kepada Orang Tua : Fondasi Kesuksesan Dalam Kehidupan

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post