Ingin Khusuk Saat Salat? Berikut Makna Setiap Gerakan Salat Yang Harus Kalian Ketahui!

Makna Setiap Gerakan Sholat
Gambar Ilustrasi Makna Setiap Gerakan Sholat (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sholat merupakan ibadah yang tidak bisa telepas dari setiap umat muslim. Hal itu karena perintah sholat ini sudah jelas dalam berbagai riwayat, baik dari Al-Qur’an maupun hadis.

Namun, masalah yang terjadi saat ini adalah bagaimana umat Islam masih lalai akan menyempunakan sholat mereka. Masih saja teringat akan perkara dunia yang tidak ada habisnya kemudian dibawa pada saat sholat didirikan.

Akibat dari hal tersebut, terbentuklah banyak umat Islam yang belum terkandung kuat di dalam diri akan hikmah dari agama Islam. Kehidupan mereka akan kacau, banyak diliputi rasa gelisah, stress, dan terlena dalam kehidupan.

Untuk membuat umat Islam menjadi kuat layaknya sahabat-sahabat Rasulullah pada zamannya, maka kita harus tiru rahasia mereka dalam mencapai kebahagiaan, kesuksesan mereka yakni dengan memperbaiki sholat.

Para ulama juga banyak sekali yang memberikan nasehatnya untuk para mualaf ataupun orang Islam yang ingin merubah hidupnya agar mulai dari perbaikilah sholat Anda.

Pernyataan tersebut dibuktikan salah satunya oleh kisah salah satu sahabat nabi yaitu Jundub bin Junadah seorang dari kampung Ghifar atau dikenal kampung pembegal. Singkat waktu, Jundub bin Junadah ini masuk Islam kemudian belajar sholat dengan Rasulullah.

Setelah beberapa waktu Jundub pulang dari kampung halamannya, Kota Madinah digemparkan dengan sambutan orang-orang Ghifar yang berbondong-bondong masuk Islam. Seketika perkerjaan yang semula pembegal berubah menjadi lebih baik seperti pendakwah, pedagang, ataupun pekerjaan lainnya yang lebih mulia.

Baca Juga:  Harum Tapi Haram! Beginilah Hukum Menggunakan Parfum Bagi Wanita

Dalam rangka cara memperbaiki sholat kita agar mendapatkan kekhusukan di dalamnya, maka perlu diperhatikan dari bacaan dan gerakan kita. Berikut beberapa hikmah yang terkandung dalam beberapa gerakan sholat yang ada.

  1. Takbiratul Ihram

Ustadz Adi Hidayat dalam kultumnya penah menjelaskan makna dari gerakan takbiratul ihram ini yaitu gerakan tangan diangkat dari bawah ke belakang artinnya membuang urusan atau perkara dunia ke belakang. Kemudian fokuskan sholat kita hanya untuk Allah Yang Maha Besar (Allahu Akbar) semata.

Kemudian setelah tangan diangkat dilanjutkan dengan bersedekap. Tangan kanan di atas punggung tangan kiri mengartikan bahwa keburukan-keburukan yang pernah dilakukan dapat dimaafkan oleh Allah Yang Maha Pengampun dengan menunaikan kebaikan-kebaikan baru dan menjauhi keburukan tersebut.

  1. Ruku’

Gerakan ruku’ layaknynya membungkukan badan mengandung makna sebagai bentuk penghambaan dan ketundukan kepada Tuhan. Dengan demikian, sempurnanya gerakan dalam rukuk merupakan momen dimana kita menyucikan Allah, menyadari segala kesalahan yang pernah dilakukan, dan berdoa kepada Allah.

  1. I’tidal

Setelah melaksanakan ruku’, gerakan selanjutnya ialah bangun dari ruku’ atau I’tidal. Gerakan tersebut mengandung makna untuk berdiri menegakan ajaran dan perintah Allah tanpa ragu.

  1. Sujud

Selain ruku’, sujud juga merupakan ibadah sebagai bentuk penghambaan kepada Allah. Sujud mengajarkan bahwasanya kita berasal dari tanah dan akan kembali mencium tanah.

Meskipun sujud merupakan posisi terendah dalam sholat, akan tetapi sujud adalah posisi terdekat antara seorang hamba dengan Tuhannya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya yaitu sebagai berikut.

Baca Juga:  Memahami Makna Bid'ah yang Sesungguhnya

“Sedekat-dekatnya seorang hamba dengan Rabb-Nya adalah dalam keadaan dia sujud.” (HR. Muslim no.482).

Nah itu dia tadi gambaran kecil makna dari setiap sholat, semoga bisa menginspirasi untuk mendalami makna sebenanrnya dan hikmah yang ada yang belum termuat dalam artikel ini. [] Syukron Ma’mun

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post