Malu Bertanya Sesat Dijalan, Ternyata Begini Adab Bertanya Dalam Islam

Adab dalam bertanya
Gambar Ilustrasi Adab dalam Bertanya (Freepik.com - Almuhtada.org)

Bertanya terhadap suatu hal bukanlah suatu permasalahan atau hal yang memalukan. Justru dengan bertanya kita akan mendapatkan informasi. Lalu apakah semua perrtanyaan layak untuk ditanyakan?

Cobalah berpikir terlebih dahulu sebelum bertanya. Pastikan pertanyaan itu tidak membuat pihak manapun merasa tersinggung.

Meskipun bukan maksud menyinggung, tetapi ada beberapa orang yang tentunya sensitif terhadap pertanyaan tertentu.

Dalam surah An-Nahl ayat 43, Allah memberitahu bahwasannya bertanyalah kamu (wahai golongan musyrik) kepada orang-orang yang berpengetahuan agama jika kamu tidak mengetahui.

Dalam arti ayat surat ini mengisyaratkan bahwa kita bisa bertanya kepada orang yang mengetahui supaya kita mendapat ilmu.

Dalam sebuah kutipan riwayat Abu Daud dikatakan bahwa: “Hanya dengan bertanya boleh menghilangkan keraguan’. Hal ini mengandung arti bahwa selayakanya orang yang bertanya memiliki tujuan untuk menghilangkan keraguan.

Namun, dalam bertanya tentunya memiliki adab-adab yang perlu dipatuhi sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Maidah ayat 101,

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu bertanya (kepada Nabi) perkara-perkara yang jika diterangkan kepada kamu akan menyusahkan kamu, dan jika kamu bertanya mengenainya ketika diturunkan Al-Quran, tentulah akan diterangkan kepada kamu. Allah maafkan (kamu) dari (kesalahan bertanyakan) perkara-perkara itu (yang tidak dinyatakan di dalam Al-Quran); kerana Allah Maha pengampun, lagi Maha penyabar”.

Hal ini mengandung makna tersirat bahwa masih ada beberapa orang yang bertanya dimana pertanyaannya ingin menunjukkan pengetahuannya, dan yang seperti ini adalah sebuah pertanyaan yang tidak bermanfaat.

Baca Juga:  Keraguan Dalam Pandangan Islam, Kamu Harus Baca Ini!

Untuk itu akan dibahas adab-adab dalam bertanya agar kita lebih memahaminya. Berikut ini adalah adab dalam bertanya:

  1. Mengawali pertanyaan dengan salam.
  2. Menggunakkan perkataan yang sopan dan santun.
  3. Meminta izin sebelum bertanya.
  4. Melihat keadaan terlebih dahulu.
  5. Memastikan bahwa pertanyaan yang ingin ditanyakan bukanlah hal yang sensitif.
  6. Menanyakan hal-hal yang bermanfaat.
  7. Mengucapkan terima kasih

Itulah beberapa adab dalam bertanya. Semoga dengan ini kita semakin memperhatikan adab-adab dalam bertanya di kehidupan sehari-hari. [] Eka Diyanti

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post