6 Olahraga yang Dianjurkan dalam Islam Berdasarkan Hadis Nabi

Olahraga yang dianjurkan Rasulullah
Olahraga yang dianjurkan Rasulullah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan serta imun kita agar tak mudah terserang penyakit.

Tubuh yang segar dan bugar setelah rutin berolahraga akan membuat kita lebih produktif dalam menjalani serangkaian aktivitas sehari hari, termasuk juga dalam beribadah.

Ajaran Islam pun sangat menganjurkan umatnya untuk berolahraga, hal ini dapat dibuktikan melalui hadis-hadis mengenai olahraga atau aktivitas Rasulullah.

Secara langsung ‘olahraga’ memang tidak disebutkan tapi kita dapat memahaminya dari penjelasan yang terkandung dalam hadis-hadis tersebut. Nah untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak beberapa olahraga yang dianjurkan Islam dan tertulis dalam hadis Nabi.

  1. Lari

Seperti yang pernah diceritakan oleh Aisyah RA, bahwa ia pernah berlomba lari dengan Rasulullah SAW.

حَدَّثَنَا أَبُو صَالِحِ الْأَنْطَاكِيُّ مَحْبُوبُ بْنُ مُوسَى أَخْبَرَنَا أَبُو إِسْحَاقَ – يَعْنِي الْفَزَارِيَّ – عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ وَعَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ الله عَنْهَا أَنَّهَا كَانَتْ مَعَ النَّبِيِّ -صلى الله عليه وسلم – فِي سَفَرٍ قَالَتْ فَسَابَقْتُهُ فَسَبَقْتُهُ عَلَى رِجْلَيَّ فَلَمَّا حَمَلْتُ اللَّحْمَ سَابَقْتُهُ فَسَبَقَنِي فَقَالَ : هَذِهِ بِتِلْكَ السَّبْقَةِ.

“Telah menceritakan kepada kami Abu Salih al-Antaki Mahbub ibn Musa telah memberitakan kepada kami Abu Ishaq yatu al-Fazari dari Hisyam ibn ‘Urwah dari ayahnya dari Abu Salamah dari ‘Aisyah r.a., bahwa suatu waktu ‘Aisyah musafir bersama Rasulullah SAW lalu ‘Aisyah mengatakan; saya bertanding lomba lari dengannya lalu saya menang. Ketika badan saya gemuk kami bertanding lagi lalu beliau yang menang, kemudian beliau bersabda: ini adalah untuk kemenangan yang lalu itu.” (HR. Abu Daud)

Baca Juga:  Cara Makan dan Minummu Sudah Benar Belum? Ini Etika Makan dan Minum dalam Islam yang Perlu Kamu Tahu!

Selain itu para sahabat dulu juga biasa melakukan perlombaan lari cepat dan Rasulullah pun mengizinkannya. Sebab lari adalah salah satu olahraga paling mudah yang bisa kita lakukan karena tidak harus menggunakan alat tertentu.

  1. Gulat

عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ يَزِيْدِ بْنِ أَبِي زِيَادٍ قَالَ أَحَسِبُهُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ قَالَ صَارَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبَا رُكَانَةَ فِي الْجَاهِلِيَّةِ وَكَانَ شَدِيدًا فَقَالَ شَاةٌ بِشَاةٍ فَصَرَعَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ ابو ركانَةَ عَاوِدْنِي فَصَارَعَهُ فَصَرَعَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيْضًا فَقَالَ عَاوِدْنِي فِي أُخْرَى فَعَاوِدَهُ فَصَرَعَهُ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيْضًا فَقَالَ أَبُوْ رُكَانَةَ هَذَا أَمْوْلُ لِأَهْلِيْ شَاةٌ أَكَلَهَا الذِّئْبُ وَشَاةٌ تَكَسَّرَتْ فَمَاذَا أَقولُ لِلثَّالِثَةِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا كُنَّا لِنَجْمَعَ عَلَيْكَ أَنْ نَصْرَعَكَ وَتَغْرَمَكَ خُذْ غَنَمَكَ.

“Dari Ma’mar dari Yazid ibn Abu Ziyad ia berkata dari ‘Abdullah ibn

al-Haris ia berkata: Nabi SAW bergulat dengan Rukanah pada masa Jahiliah dan dia terkenal dengan kekuatannya. Ia berkata: domba lawan domba. Kemudian Rasulullah SAW bergulat. Abu Rukanah berkata: berjanjilah denganku untuk lain kali bergulat lagi. Lalu Nabi SAW bergulat lagi. Abu Rukanah berkata: berjanjilah denganku untuk lain kali bergulat lagi. Lalu Nabi SAW pun bergulat lagi. Abu Rukanah berkata: berjanjilah denganku untuk lain kali bergulat lagi. Lalu Rasulullah SAW bergulat lagi. Kemudian Abu Rukanah berkata: aku katakan kepada keluargkau begini: domba telah dimakan oleh serigala dan larilah domba. Lalu apa yang saya katakan pada yang ketiga kalinya? Nabi SAW menjawab: kita tidak berkumpul untuk bergulat dan membuatmu berutang, karena itu ambillah dombamu.” (HR. Abu Daud)

  1. Panahan
Baca Juga:  Bagaimana Pandangan Islam tentang Keluarga Berencana (KB)? Ini Penjelasannya

Terdapat banyak hadis yang menyebutkan tentang memanah. Beberapa diantaranya sebagai berikut.

Rasulullah bersabda, “Kamu harus belajar memanah karena memanah itu adalah sebaik baiknya permainan.” (HR. Bazzar & Thabrani).

“Lemparlah panahmu itu, dan aku bersama kamu sekalian.” (HR. Bukhari)

Namun Rasulullah pun menyuruh kita untuk memperhatikan bahwa sasaran panahnya tidak boleh makhluk hidup.

“Ibnu Umar mengatakan, sesungguhnya Rasulullah melaknat orang yg menjadikan sesuatu yang bernyawa sebagai sasaran memanah.” (HR. Bukhari & Muslim)

  1. Anggar

Ada sebuah cerita yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, ia bercerita bahwa ketika ada orang-orang Habasyah bermain Anggar di hadapan Nabi SAW, tiba-tiba Umar masuk kemudian mengambil kerikil dan melemparkannya kepada mereka. Kemudian Rasulullah berkata kepada Umar: Biarkanlah mereka itu, wahai Umar. (HR. Bukhori & Muslim)

Orang-orang Habasyah bermain Anggar di dalam Masjid Nabawi, sedangkan tempat Masjid itu adalah tempat yang mulia namun Rasulullah membiarkannya, oleh karena itu banyak yang menganggap bahwa permainan Anggar ini merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

  1. Berenang

Dari segi kesehatan olahraga renang sangat dianjurkan karena memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh bahkan sangat dianjurkan. Dalam sebuah hadis riwayat Imam Baihaqi dan Tabrani pun disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

كُلُّ شَيْءٍ لَيْسَ مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ فَهُوَ سَهْوٌ وَلَهْوٌ إِلَّا أَرْبـَعًا مَشْىَ الرَّجُلِ بـَيْنَ الْغَرَضَيْنِ وَتَأْدِيبَهُ فـَرَسَهُ وَتـَعَلُّمَه السِّبَاحَةَ وَمُلاَعَبَتَهُ أَهْلَهُ.

Baca Juga:  Kriteria Utama dalam Memilih Pasangan Hidup Menurut Rasulullah SAW

“Setiap yang melalaikan dan permainan tidaklah merupakan bagian dari zikrullah (sia-sia) kecuali empat hal: lomba lari, belajar naik kuda, belajar renang dan bercanda dengan istri.” (HR. Al-Baihaqi & At-Tabrani)

Dalam riwayat lain Rasulullah SAW pun bersabda: “Ajarilah anakmu olahraga berenang dan memanah.” (HR. Dailami).

Meskipun hadis ini dianggap lemah tapi tidak ada salahnya jika kita ingin mencoba menekuni olahraga renang karena berdasarkan pada hadis yang lebih kuat tadi, renang bukanlah aktivitas yang sia-sia.

  1.  Berkuda

Dulu kuda memang digunakan sebagai kendaraan. Disamping itu, berkuda merupakan salah satu olahraga yang telah disebutkan dalam banyak hadis seperti halnya memanah dan berenang, beberapa diantaranya,

“Sesungguhnya Rasulullah pernah mengadakan pacuan kuda dan memberi hadiah kepada pemenangnya.” (HR. Muslim).

Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa hadis-hadis tersebut menjelaskan dalam Islam kesehatan itu sangatlah penting dan perlu diperhatikan. Maka dari itu mulai dari sekarang, mari kita terapkan gaya hidup sehat, yang mana salah satunya adalah dengan cara berolahraga. [] Mila Amalia

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post