Berkah yang Tersembunyi di Balik Tetesan Hujan

Tetesan hujan membawa berkah
Gambar ilustrasi tetesan hujan membawa berkah (Freepik.com - Almuhtada)

Almuhtada.org – Hujan merupakan fenomena alam yang tak terelakkan dan sering dianggap sebagai sesuatu yang menggangu. Tak dipungkiri bahwa beberapa fenomena hujan dapat membawa bencana bagi kehidupan.

Namun, jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, sebenarnya hujan membawa berkah yang luar biasa bagi kehidupan karena Allah SWT menciptakan segala sesuatu pasti ada manfaatnya. Dari tetesan-tetesan air hujan itu dapat memberikan dampak nyata pada kehidupan di bumi.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman,

هُوَ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً ۖ لَّكُم مِّنْهُ شَرَابٌ وَمِنْهُ شَجَرٌ فِيهِ تُسِيمُونَ

Artinya : Dialah yang telah menurunkan air (hujan) dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuhan, padanya kamu menggembalakan ternakmu. (Q.S An-Nahl : 10)

Dari ayat di atas dapat disimpulkan bahwa hujan merupakan salah satu bentuk rahmat Allah SWT yang memberikan kebaikan dan kesejahteraan dalam kehidupan. Hujan memberikan air untuk tumbuhan sehingga dapat tumbuh dengan subur.

Air hujan juga mengisi sungai dan danau serta memberikan air bersih untuk kebutuhan hidup manusia dan hewan. Hujan membersihkan partikel debu dan polusi yang ada di udara sehingga tercipta udara yang lebih segar dan bersih.

Sistem pernafasan menjadi lebih sehat karena menghirup udara yang bersih. Siklus air di bumi juga akan seimbang karena hujan. Selain itu, hujan juga dapat menciptakan suasana menenangkan.

Baca Juga:  Sudahkah Kita Menerapkan Rasa Sabar dan Ikhlas?

Suasana yang menenangkan tercipta ketika mendengar suara air hujan yang jatuh. Tetesan hujan yang lembut dan ritmis dapat menciptakan suasana yang relaksasi dan dapat membantu mengurasi stress.

Banyak orang menikmati hujan dengan membaca buku, menyeduh teh hangat atau merenung saja di rumah merasakan ketenangan alam. Sungguh, begitu baiknya Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan fenomena hujan untuk makhluknya.

Rasulullah SAW bersabda, “Dua doa yang tidak pernah ditolak, yaitu doa pada waktu azan dan doa pada waktu hujan.” (HR. Hakim). Dari hadits tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa ketika hujan merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW juga mengajarkan doa ketika hujan agar setiap tetes air yang jatuh dapat membawa keberkahan dan manfaat untuk kehidupan,

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat.” (H.R. Bukhari)

Selain itu, hujan juga menjadi pengingat akan keagungan Allah dan kehendak-Nya dalam mengatur alam semesta. Ketika hujan turun, manusia diingatkan akan kekuasaan dan kebijaksanaan Allah yang menciptakan dan mengatur fenomena alam dengan penuh hikmah. Hujan juga mengajarkan manusia tentang ketergantungan mereka kepada Allah SWT dan pentingnya bersyukur atas segala nikmat yang diberikan-Nya.

Begitu banyak manfaat dari adanya hujan bagi kehidupan di bumi. Sebagai hamba Allah SWT sudah sepatutnya untuk selalu bersyukur atas keberkahan yang diberikan Allah SWT melalui hujan. Janganlah mengeluh ketika hujan turun dikarenakan membatasi aktivitas di luar, sebaliknya jadikan fenomena hujan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. [] Assyahla Hafidzah

Baca Juga:  Ketaatan Membawa Berkah Bagi Seorang Muslim

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post