Tips yang Dapat Kamu Lakukan dalam Menghafalkan Pelajaran

Menghafal Pelajaran
Gambar Ilustrasi Menghafal Pelajaran (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Nah mesti kita sebagai pelajar sering banget merasakan capek dan lelah karena sulit menghafalkan Pelajaran.

Apalagi ditambah banyak aktivitas dan tugas yang sama sama banyaknya membuat kita tidak sempat untuk belajar dan menghafalkan Pelajaran.

Sering membaca berkali kali juga akan dapat memudahkan kita untuk menghafal tanpa harus menghafal dengan sengaja. Nah ada juga nih beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjang kamu dalam menghafal Pelajaran:

  1. Buat catatan

Buat catatan singkat atau kartu pengingat tentang pelajaran yang perlu dihafal. Ini membantu kalian merangkum materi dengan cara yang mudah diingat.

Bisa juga dengan mencatat point point penting, denagn begitu tentu kalian akan lebih mudah untuk menjelaskanya dengan Bahasa kalian sendiri.

1. Membuat singkatan unik

Singkatan ini tentu menjadi jalan cepat dalam menghafal, bisa berupa plesetan dari kata yang memang sudah sering kita ketahui.

Semisal akan menghafalkan warna urutan Pelangi, bisa menggunakan singkatan MeJiKuHiBiNiU yang merupakan singkatan dari Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Nila, Ungu.

2. Praktek berulang

Luangkan waktu setiap hari untuk mengulangi Pelajaran yang Anda pelajari. Praktek membaca yang berulang membantu meningkatkan daya ingat.

Semisal jangan membaca buku atau belajar hanya saat akan ujian. Tetapi biasakan untuk setiap habis Pelajaran atau pulang sekolah luangkan waktumu kurang lebih 15 menit untuk mengulangi Pelajaran yang diajarkan guru di kelas.

Baca Juga:  Puasa pada Hewan dan Tumbuhan: Adaptasi Kelangsungan Hidup

Dengan begitu kita tidak akan mudah lupa, berbeda jika hanya belajar saat akan ujian saja, maka setelah ujian seleseipun kita akan udah lupa materi yang sudah kita baca dan pelajari.

3. Belajar dengan teman

Belajar dengan teman-teman bisa membantu kalian untuk saling mengingatkan dan menjelaskan konsep kepada satu sama lain. Semisal kita lupa tentang bab ke tiga, kitab isa tanya teman kita siapa tau dia ingat dan mau menjelaskan Kembali materi yang kurang kita pahami.

Bahkan kebanyakan dari murid adalah mereka sulit paham jika yang menerangkan guru mereka sendiri, berbeda jika yang menerangkan tadi temanya akan mudah lebih cepat paham.

4. Istirahat yang cukup

Pastikan kalian tidur dengan cukup dan teratur. Tidur yang baik membantu akan memperkuat daya ingat kalian. Usahakan selalu biasakan tidur tepat waktu, jangan sering sering bergadang jika memang tidak diperlukan.

Semisal kalian emang mau bergadang bisa doganti denagn tidur lebih cepat, lalu bangun dipagi hari. Bangun dipagi hari bisa memudahkan kita untuk menghafalkan Pelajaran berbeda jika kita larut malam belajar itu malahan akan membuat kita lupa pagi harinya.

 5. Jaga kesehatadan pola makan

Gaya hidup sehat termasuk makan minum dengan baik dan berolahraga secara rutin dan teratur. Jangan banyak makan, karena jika kita kekenyangan saat makan akan membuat tubuh kita mudah menagntuk.

Baca Juga:  Kitab Nushushul Akhyar : Mengkaji Polemik Perbedaan Penetapan Ramadhan dan Hari Raya

Jika sudah mengantuk tentu akan membuat kita malas dan enggan untuk belajar dan malah lebih memilih untuk tidur. [] Berliana Salwa Auliya

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post