Hati – Hati! Inilah 3 Golongan yang Bakal Dilaknat oleh Allah SWT

golongan yang dilaknat Allah
Gambar ilustrasi golongan yang dilaknat Allah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Orang islam yang telah beriman kepada Allah SWT akan melakukan segala hal yang diperintahkan oleh Allah SWT dan cenderung menjauhi larangan – Nya.

Karena dengan adanya perintah maupun larangan tersebut Allah SWT menjaga hamba – hamba – Nya dari segala hal yang akan merugikan mereka. Selain itu, hal – hal tersebut juga akan mendekatkan hubungan antara mereka dengan Allah SWT.

Namun terkadang ada beberapa orang yang mengabaikan peraturan tersebut dan bahkan melanggarnya. Hal ini tentunya memiliki berbagai konsekuensi yang buruk baik untuk mereka ataupun orang sekitarnya. Salah satu dampak yang paling buruk dari semua itu adalah dilaknat oleh Allah SWT itu sendiri.

Perlu kalian tahu bahwa ternyata ada 3 golongan manusia yang bisa dilaknat oleh Allah SWT. Bahkan hal itu dijelaskan dalam Al Quran beserta dengan dampak yang akan mereka terima. Dampak tersebut tentunya ada di akhirat maupun didunia.

Hal ini dijelaskan dalam surah Ar – Ra’du ayat 25 – 26 dengan bunyi sebagai berikut :

وَالَّذِيْنَ يَنْقُضُوْنَ عَهْدَ اللّٰهِ مِنْ ۢ بَعْدِ مِيْثَاقِهٖ وَيَقْطَعُوْنَ مَآ اَمَرَ اللّٰهُ بِهٖٓ اَنْ يُّوْصَلَ وَيُفْسِدُوْنَ فِى الْاَرْضِۙ اُولٰۤىِٕكَ لَهُمُ اللَّعْنَةُ وَلَهُمْ سُوْۤءُ الدَّارِ٢٥  اَللّٰهُ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ وَيَقْدِرُ ۗوَفَرِحُوْا بِالْحَيٰوةِ الدُّنْيَاۗ وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا فِى الْاٰخِرَةِ اِلَّا مَتَاعٌ ٢٦

اَللّٰهُ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ وَيَقْدِرُ ۗوَفَرِحُوْا بِالْحَيٰوةِ الدُّنْيَاۗ وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا فِى الْاٰخِرَةِ اِلَّا مَتَاعٌ  ࣖ

Baca Juga:  Ini Dia 10 Golongan Umat Nabi Muhammad yang Tidak Akan Masuk Surga!

Artinya : 25. Dan orang-orang yang melanggar janji Allah setelah diikrarkannya, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah agar disambungkan dan berbuat kerusakan di bumi; mereka itu memperoleh kutukan dan tempat kediaman yang buruk (Jahanam). 26. Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan membatasi (bagi siapa yang Dia kehendaki). Mereka bergembira dengan kehidupan dunia, padahal kehidupan dunia hanyalah kesenangan (yang sedikit) dibanding kehidupan akhirat.

Dari ayat tersebut dapat kita ambil poin berupa 3 golongan yang dilaknat oleh Allah SWT sebagai berikut :

  1. Orang yang melanggar janji yang telah dibuat

Orang yang memiliki janji pada orang lain tentunya harus ditepati. Karena jika kita menjanjikan sesuatu maka orang lain menganggap bahwa kita sanggup untuk menunaikan janji tersebut.

Jika janji tersebut dilanggar tanpa alasan yang jelas maka Allah SWT bisa saja murka hingga melaknat orang tersebut.

  1. Orang yang memutuskan hubungan ( silaturahmi )

Selain orang yang ingkar janji, Allah SWT juga melaknat orang – orang yang memutuskan hubungan yang Allah SWT perintahkan untuk disambung.

Hal yang dimaksud adalah silaturahmi baik dengan saudara maupun orang lain. Jika kita memutus hubungan silaturahmi tanpa alasan maka tunggu saja laknat dari Allah SWT.

  1. Orang yang berbuat maksiat

Orang yang berbuat maksiat atau melanggar peraturan dari Allah SWT tentunya juga mendapat laknat dari Allah SWT. Karena perbuatan maksiat mereka bisa saja merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Jika mereka tidak tobat atas kemaksiatan yang mereka lakukan maka laknat dari Allah SWT akan terus ada pada mereka.

Baca Juga:  Yuk, Cari Tahu Metode Penentuan Awal Ramadan di Indonesia Ada Apa Saja!

Itulah 3 golongan yang akan mendapatkan laknat dari Allah SWT karena perbuatan mereka. Kita sebagai muslim dan muslimah yang beriman kepada Allah SWT harus menjauhi karakter dari 3 golongan tersebut dan jangan sampai kita menjadi salah satunya. Karena laknat dari Allah SWT itu adalah hal yang paling buruk dari semua hal yang ada didunia maupun akhirat.

Selain itu ada dampak buruk yang dijelaskan dalam ayat tersebut pada 3 golongan tersebut. Allah akan membuat mereka terlena dengan kesenangan dunia hingga mereka akan lalai dengan kebahagiaan diakhirat kelak.

Selain itu Allah SWT juga bisa menentukan nasib mereka sesuai kehendak – Nya tanpa halangan apapun. Demikian artikel tentang 3 golongan yang akan dilaknat oleh Allah SWT dan semoga bermanfaat. [] Idha Fitri Nuril Layliyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post