Hari Raya Idul Adha Juga Termasuk Hari Raya Qurban? Simak Penjelasannya Berikut!

Hari Raya Qurban
Gambar ilustrasi Hari Raya Qurban (Pinterest - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Idul adha termasuk hari raya agama islam atau sering disebut dengan hari raya kurban. Karena pada saat itu adalah hari dimana nabi Ibrahim menyerahkan anaknya, nabi Ismail untuk dijadikan kurban yang membuktikan bahwa nabi Ibrahim sangat mentaati perintah Allah SWT.

Hal tersebut dilakukan nabi Ibrahim adalah semata-mata untuk menguji keimanan Nabi Ibrahim yang rela anaknya dikurbankan, dan pada akhirnya Allah menggantikan nabi Ismail dengan hewan domba.

Sebab dari itu disetiap tanggal 10 Dzulhijjah diperingati sebagai hari raya kurban/ Idul adha.

Didalam Al-Quran Allah juga telah jelas memerintahkan untuk berkurban, salah satunya di surah Al-Kautsar ayat 2:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْ

Artinya: “Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berqurbanlah.”

Hukum berkurban adalah sunnah muakad, atau sunnah yang sanagt dianjurkan bagi seorang muslim yang mampu secara finansial. Hewan yang digunakan untuk berkurban adalah kambing, domba, sapi dan unta. Untuk hewan berupa sapi atau unta biasanya untuk tujuh orang. Penyembelihan hewan kurban ini pada tanggal 10 Dzulhijjah atau selama hari tasyrik (11, 12, 13) bulan dzulhijjah

Saat idul adha kita juga disunnahkan untuk melaksanakan sholat id sebanyak 2 rakaat. Dalam rakaat pertama melakukan takbir sebanyak 7 kali sedangkan untuk rakaat kedua melakukan takbir sebanyak 5 kali. Pelaksanaan shalat idul adha yaitu saat mulai terbit matahari hingga tergelincir matahari kearah barat pada tanggal 10 dzulhijjah.

Baca Juga:  Kitab Nushushul Akhyar : Mengkaji Polemik Perbedaan Penetapan Ramadhan dan Hari Raya

Niat sholat Idul Adha: أُصَلَّى سُنَّةً لِعِيْدِ الْأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى. اللَّهُ أَكْبَرْ

Artinya: “Aku niat sholat sunnah Idul Adha dua rakaat dengan menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’âlâ. Allah Maha Besar.”

Sunnah sunnah sebelum melaksanakan sholat idul adha adalah:

  1. Mandi
  2. Memakai pakaian bagus dan bersih, memakai wangi wangian
  3. Berangkat dan pulang melalui jalan yang berbeda
  4. Tidak makan terlebih dahulu
  5. Mendengarkan khutbah sampai selesai [] Berliana Salwa Auliya

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post