Pentingnya Persaudaraan Dalam Islam dan Cara Menjaga Hubungan Rekan Seiman Yang Kuat, Simak Penjelasannya!

Persaudaraan Dalam Islam (freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Manusia sebagai makhluk sosial sehingga tidak bisa manusia menjalani kehidupan tanpa adanya orang lain. Salah satu rezeki yang Allah SWT. berikan kepada manusia adalah dengan adanya teman yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya.

Dari hal tersebut maka dalam mencari sebuah teman merupakan sebuah yang perlu kita perhatikan karena dengan pertemanan tersebut maka mempunyai pengaruh yang signifikan dalam kehidupan kita yaitu bisa saja dengan pertemanan tersebut bisa membawa kita kepada kebaikan ataupun justru sebaliknya malah membawa diri kita kepada keburukan karena semua itu tergantung pada diri kita dalam memilih pertemanan.

Kita perlu memperhatikan dengan betul kedekatan dengan teman kita dengan tetap selektif dalam memilih teman apabila kita tidak bisa menjaga diri kita akan mudah terpengaruh dengan sikap dari teman kita.

Selain itu, yang tidak luput dari kita sebagai umat muslim yaitu persaudaraan dimana hal iini termasuk kedalam amalan yang bernilai ibadah sebagaimana Nabi Muhammad SAW menyampaikan suatu pesan yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari No.1423 dimana beliau menyebutkan ada tujuh golongan orang yang beriman yang mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Kelak di hari kiamat yaitu; pemimpin yang adil, pemuda yang menyibukkan dirinya untuk meribadah kepada Allah SWT., laki-laki yang hatinya terpaut dengan masjid, persaudaraan antara dua laki-laki yang bertemu dan berpisah karena Allah SWT., laki-laki yang menjauhi zina karena takut kepada Allah SWT., seorang yang senantiasa menyembunyikan tangan kirinya saat bersedekah, dan seorang alki-laki yang selalu berdzikir kepada Allah SWT.

Baca Juga:  Kamu Harus Tahu! 7 Adab Bertamu dalam Islam

Dari ketujuh golongan tersebut tentunya kita sebagai umat muslim perlu menjalin persaudaraan karena cinta kepada Allah SWT. saat mulai bertemu hingga maut memisahkan persaudaraan keduanya di dunia. Persaudaraan yang dilandasi dan dibangun atas cinta kepada Allah SWT. Dan diikat oleh tali aqidah maka persaudaraan tersebut akan melebihi seperti saudara kandung sendiri yang tidak hanya untuk urusan dunia saja yang senantiasa mengingatkan dalam kebaikan, ketaatan, dan kesabaran dengan dilandasi cinta kepada Allah SWT.

Maka insyaAllah persaudaraan tersebut akan langgeng hingga kelak masuk kedalam kehidupan akhirat. Contoh nyatanya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menjalin persaudaraan yaitu dengan menata kembali niat kita dengan baik, mempunyai sikap saling membantu dan tolong menolong, senantiasa menjaga adab dalam menjalin persaudaraan mulai dari sifat, sikap, dan perilaku kita, mempunyai sifat saling memaafkan dan saling mendoakan satu dengan yang lain dalam persaudaraan, serta tentunya saling menjaga rahasia, saling menasehati dalam kebaikan, semoga bermanfaat. [] ~Alfian Hidayat~

Editor : Moh. Aminudin

Related Posts

Latest Post