Belajar Kehidupan dari Seekor Lebah Madu

Filosofi Kehidupan Lebah Madu
Gambar Ilustrasi Filosofi Kehidupan Lebah Madu (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Manusia pasti sangat mengenal lebah madu. Lebah madu memiliki nama ilmiah Apis andreniformis. Lebah madu termasuk hewan serangga dengan tubuh beruas-ruas dimana ruas tersebut saling berhubungan disebut segmen.

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin manusia cenderung mengabaikan lebah. Sebagai seorang muslim sudah sepatutnya memiliki cara berpikir yang berbeda yaitu mengambil hikmah dan meneladani hal-hal baik yang ada di sekitar.

Allah berfirman dalam Q.S  An Nahl ayat 68-69

وَاَوۡحٰى رَبُّكَ اِلَى النَّحۡلِ اَنِ اتَّخِذِىۡ مِنَ الۡجِبَالِ بُيُوۡتًا وَّمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعۡرِشُوۡنَۙ‏ ٦٨ ثُمَّ كُلِىۡ مِنۡ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسۡلُكِىۡ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا​ ؕ يَخۡرُجُ مِنۡۢ بُطُوۡنِهَا شَرَابٌ مُّخۡتَلِفٌ اَلۡوَانُهٗ فِيۡهِ شِفَآءٌ لِّلنَّاسِ​ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيَةً لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ‏ ٦٩

Artinya:

Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).”

Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.

Dari seekor lebah kita dapat meneladani antara lain:

  1. Mencari hal-hal baik

Dalam mencari makanan, lebah pasti memilih bunga yang bagus dan tidak akan mengambil dari bunga yang masih muda. Pelajaran yang dapat diambil yaitu dalam mencari sesuatu hendaknya kita mencari hal-hal  baik dan carilah yang terbaik.

  1. Tidak akan mengambil sesuatu dari bunga tanpa memberikan manfaat kepadanya
Baca Juga:  Pahala Luar Biasa! Ini dia Amalan-Amalan Kecil yang dapat Mengubah Hidup Anda

Lebah mengambil nektar dari bunga sebagai makanannya. Lebah juga membantu proses penyerbukan pada bunga dengan membawa serbuk sari dari bunga satu ke bunga lainnya.

Hal ini dapat dicontoh manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari yaitu dengan saling memberikan manfaat untuk satu sama lain di dalam hidup bermasyarakat.

  1. Lebah tidak akan merebut bunga yang sudah berelasi dengan lebah lain

Dalam mencari bunga, lebah tidak pernah mengambil bunga milik lebah lain. Hal ini mengajarkan kepada kita untuk tidak merebut hak milik orang lain.

  1. Lebah memiliki banyak manfaat

Selain membantu tanaman dalam proses penyerbukan, lebah juga menghasilkan madu yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.  Bagi manusia, madu bermanfaat untuk membentuk ketahanan tubuh yang baik dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dalam hal ini, manusia diajarkan untuk selalu memberikan manfaat untuk sekitar.

Ternyata meskipun berukuran kecil, lebah dapat memberikan banyak pelajaran bagi manusia. Hal ini tak lepas dari kebesaran Allah SWT dalam menciptakan makhluk-Nya.  [] Dyta Wahyuning Asri

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post