Keutamaan Sholat Berjamaah yang Perlu Kamu Ketahui dan Terapkan

Keutamaan Sholat Berjamaah
Gambar ilustrasi keutamaan sholat berjamaah (Freepik.com - Almuhtada.org)

ALmuhtada.org – Kita sebagai umat islam tentunya memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadah sholat. Didalam tuntutan agama, kita diwajibkan untuk sholat lima waktu, yaitu shubuh, dzuhur, asar, maghrib, dan isya’.

Hukum melaksanakan sholat fardhu adalah wajib, terkecuali Wanita yang sedang menstruasi, nifas. Dalam melaksnakan sholat lebih diutamakan untuk sholat berjamaah dimasjid. Hasil yang kita dapatkan pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Allah Swt melipatgandakan pahala orang-orang yang shalat berjamaah di masjid 27 derajat daripada orang yang shalat sendiri, sebagaimana hadis Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh HR. Imam Muslim:

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya: “Shalat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding shalat sendirian.”

Ketika kita melangkah menuju masjid juga akan menjadi ladang pahala. Bahkan nabi pernah menyarankan jika kita pergi ke masjid diusahakan jalan berangkat dan pulangnya berbeda, agar semakin banyak Langkah yang kita jangkau semakin banyak pula pahala yang kita dapatkan. Berbeda dengan Perempuan, yang lebih diutamakan untuk sholat dirumah.

Abu Ahmad meriwayatkan hadis dari Ummu Salamah yakni istri Nabi, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

خَيْرُ مَسَاجِدِ النِّسَاءِ قَعْرُ بُيُوتِهِنَّ

Artinya: “Sebaik-baik masjid bagi para wanita adalah di bagian dalam rumah mereka.” (HR Ahmad)
Dalam riwayat Abu Dawud juga dikatakan bahwa Baginda Nabi pernah bersabda:

حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُثَنَّى أَنَّ عَمْرَو بْنَ عَاصِمٍ حَدَّثَهُمْ قَالَ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ مُوَرِّقٍ عَنْ أَبِى الأَحْوَصِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «صَلاَةُ الْمَرْأَةِ فِى بَيْتِهَا أَفْضَلُ مِنْ صَلاَتِهَا فِى حُجْرَتِهَا وَصَلاَتُهَا فِى مَخْدَعِهَا أَفْضَلُ مِنْ صَلاَتِهَا فِى بَيْتِهَا

Baca Juga:  Sutrah : Sunnah Nabi yang Terlupakan! Begini Pentingnya Sutrah dalam Sholat

Artinya: “Ibnu al-Musanna telah menceritakan kepada kami bahwa Amr bin Ashim telah menceritakan kepada mereka, ia berkata; Hammam telah menceritakan kepada kami, diriwayatkan dari Qatadah, diriwayatkan dari Muwarriq, diriwayatkan dari Abu al-Ahwash, diriwayatkan dari Abdullah, dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Sholat perempuan di rumahnya lebih utama daripada sholat perempuan di kamar (pribadi)-nya dan sholatnya di kamar yang kecil dalam rumahnya lebih utama daripada di (ruangan lain) di rumahnya.” (HR Abu Dawud)

Beberapa keutamaan sholat berjamaah

  1. Akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan
  2. Para malaikat akan ikut mendoakan
  3. Diampuni segala dosa
  4. Derajat kita akan lebih tinggi diahadapan Allah SWT
  5. Mendapatkan pahala seperti sholat malam tanpa henti
  6. Mendapatkan jamuan di surga nanti
  7. Dibebaskan dari siksa dan panasnya api neraka

Sebenarnya mudah sekali kita mendapatkan pahala, salah satunya dengan melaksanakan sholat dengan berjamaah. Di sisi lain pastinya ada saja godaan yang membuat kita menunda nunda sholat, alhasil kita malas untuk berjamaah.

Bahkan pahalanya orang yang sholat shubuh dan Isya secara berjamaah diibaratkan akan mendapatkan pahala sama dengan orang yang sholat sunnah Tengah malam secara penuh.

Manfaat sholat berjamaah juga akan melindungi kita dari siksa api neraka dan siksa dikubur. Maka dari itu semoga kita senantiasa bisa menjaga sholat kita dan bisa melaksanakannya secara berjamaah. [] Berliana Salwa Auliya

Baca Juga:  Amalan Sederhana dengan Keutamaan Luar Biasa: Inilah 6 Keutamaan Membaca Istighfar

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post