Pesantren Riset Al-Muhtada Sambut Kedatangan Mahasiswa PPL IAIN Kudus pada Kamis, 6 Juli 2023

Sumber: Dok.Pribadi

ALMUHTADA.ORG-  Kamis (06/07/2023), Pesantren Riset Al-Muhtada menyambut kedatangan dari mahasiswa IAIN Kudus yang akan melaksanakan PPL. Tidak lain PPL yang dilaksanakan adalah untuk memenuhi salah satu kewajiban mahasiswa yakni Praktik Kerja Lapangan (PPL)  yang dilakukan dengan mempraktikan teori-teori yang telah dipelajari selama perkuliahan ke kehidupan yang sebenarnya.

Sebelum memulai kegiatan PPL, baik dari pihak IAIN Kudus maupun pesantren melakukan kegiatan pembukaan yang diwujudkan dalam acara penyambutan mahasiswa PPL oleh Pesantren Riset Al-Muhtada kepada mahasiswa PPL. Acara penyambutan ini bertujuan untuk memberikan kesan kepada mahasiswa IAIN Kudus maupun Pesantren Riset Al-Muhtada atas kerja sama yang akan dilakukan selama berjalannya PPL nanti.

Acara penyambutan dilaksanakan pada kamis, 6 juli 2023 dengan penuh khidmat dan suka cita. Acara dihadiri oleh pengasuh Pesantren Riset Al-Muhtada, yaitu Bapak Dr. H. Dani Muhtada, M.Ag., M.A., M.P.A. Selain itu, acara ini dihadiri juga oleh Bapak Dr. Imam Baehaqie, M,Hum selaku salah satu guru besar di Pesantren Riset Al-Muhtada dan Mas In’am Zaidi S.H. selaku mentor Pesantren Riset Al-Muhtada. Adapun dari pihak IAIN Kudus, beberapa yang hadir sebagai pendamping mahasiswa PPL IAIN Kudus, yaitu Wakil Dekan II Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus, Dr. Irzum Farihah, S.Ag., M.Si, dan Nuskhan Abid, M.Pd, Kaprodi Prodi Akidah dan Filsafat Islam. Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada juga turut hadir untuk memeriahkan acara penyambutan mahasiswa PPL IAIN Kudus sekaligus berkontribusi dalam kepanitiaan acara sambutan.

Baca Juga:  Gandeng Komunitas Pemuda, Tim Pemberdayaan UIN Gus Dur Pekalongan Rintis Kampung Literasi di Desa Tegalsari

PPL yang dilakukan oleh mahasiswa IAIN Kudus di Pesantren Riset Al-Muhtada bukanlah hal yang baru. Tahun lalu, mahasiswa PPL IAIN Kudus juga diterjunkan ke Pesantren Riset Al-Muhtada untuk melaksanakan PPL. Pada tahun ini, mahasiswa PPL yang diterjunkan di Pesantren Riset Al-Muhtada keseluruhan berjumlah 21 mahasiswa, yaitu 5 mahasiswa putra dan 16 mahasiswa putri. Mahasiswa PPL akan melaksanakan kewajiban PPL-nya selama dua minggu di Pesantren  Riset Al-Muhtada.

Acara penyambutan dimulai dengan sambutan yang disampaikan oleh pengasuh pesantren, yaitu Bapak Dr. Dani Muhtada, M.Ag., M.PA., M.A yang berisi tentang pengenalan secara singkat mengenai Pesantren Riset Al-Muhtada. Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa PPL IAIN Kudus oleh Ibu Dr. Irzum Farihah, S.Ag., M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kegiatan ini dilakukan selain untuk memenuhi kewajiban mahasiswa, juga memiliki tujuan untuk menjalin tali silaturahmi antara IAIN Kudus dengan Pesantren Riset Al-Muhtada dan menambah relasi antar pihak. Selain itu, mahasiswa dapat mempelajari dan memahami secara mendalam mengenai bidang riset sebagai bekal pembuatan tugas akhir, yaitu skripsi. Dengan demikian, diharapkan Pesantren Riset Al-Muhtada dapat menjadi tempat PPL yang tepat karena salah satu fokus pembelajarannya yang diunggulkan pada bidang riset.

Mahasiswa PPL akan mengikuti kegiatan-kegiatan rutin yang ada di pesantren selama melakukan PPL di Pesantren Riset Al-Muhtada. Kegiatan tersebut, yaitu salat berjamaah, mengaji bersama, kultum, mufradat, dan ta’lim berkaitan dengan riset. Mahasiswa akan diberikan bimbingan dan pembinaan oleh pengasuh pesantren, guru, serta mentor yang ada di Pesantren Riset Al-Muhtada. Harapannya, mahasiswa PPL dapat menyusun proposal selama kegiatan PPL untuk dikumpulkan sebagai tugas skripsi mereka setelah menyelesaikan kegiatan PPL. Semoga kegiatan PPL ini dapat membawa manfaat dan hubungan silaturahmi yang baik antara IAIN Kudus dan Pesantren Riset Al-Muhtada.

Baca Juga:  Hubungan Antara Takdir, Kehendak Dan Hidayah

Penulis: Diyah Dhariyanti

Editor: Azkia Shofani Aulia

Related Posts

Latest Post