Mahasantri PRM Juara I Mahasiswa Berprestasi UNNES 2022

ALMUHTADA.ORG- Perhelatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Negeri Semarang kembali digelar pada Sabtu-Kamis, 5-10 Februari 2022. Pemilihan mahasiswa berprestasi merupakan ajang bergengsi untuk mencari mahasiswa terbaik yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler, sesuai dengan kriteria yang ditentukan, serta memiliki kepribadian yang baik. Pemilihan mahasiswa berprestasi dilaksanakan secara bertahap mulai dari tingkat Jurusan, Fakultas, Universitas hingga Nasional. Setidaknya terdapat 16 mahasiswa pilihan yang sebelumnya telah diseleksi pada tingkat Fakultas yang kemudian mewakili fakultasnya dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Negeri Semarang tahun 2022.

Dalam ajang tersebut dilakukan berbagai seleksi dimulai dari seleksi berkas capaian unggulan yang meliputi kompetisi, pengakuan, penghargaan, karir organisasi, hasil karya, aksi kemanusiaan dan kewirausahaan. Seleksi tahap kedua yaitu tes psikologi yang dilakukan oleh tim psikologi Universitas Negeri Semarang. Pada tahap ketiga terdapat penialian gagasan kreatif sekaligus presentasi karya kepada juri dan pada tahap terakhir yaitu tes Bahasa Inggirs yang dilakukan dengan skema Leadership Group Discussion (LGD). Acara terakhir yaitu penganugerahan mahasiswa berprestasi yang dilaksanakan pada hari kamis, 10 Februari 2022 yang berlangsung di Gedung Rektorat lantai 4.

Pada ajang tersebut terdapat tiga mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada yang maju hingga menjadi finalis mahasiswa berprestasi Tingkat Universitas Negeri Semarang, ketiga mahasantri tersebut yaitu Gema Aditya Mahendra (Fakultas Teknik), Nurjaya (Fakultas Teknik) dan Mulina Istighfaroh (Fakultas Ilmu Keolahragaan). Berdasarkan hasil sidang pleno yang dilakukan oleh seluruh juri Pemilihan Mahasiswa Berpresti Tingkat Universitas Negeri Semarang, keluarlah nama Nurjaya sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama 1 yang diikuti oleh Fitri Daeni mahasiswa Fakultas Matamatika dan IPA, dan urutan ke 3 Handika Mukti mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS).

Baca Juga:  Gema Aditya Mahendra Raih Best Presenter Konferensi Internasional

Penghargaan yang diraih oleh Nurjaya menjadikan Pesantren Riset Al-Muhtada sebagai pencetak Mahasiswa Berprestasi Utama 1 Tingkat Universitas Negeri Semarang yang kedua kalinya secara berturut-turut yaitu pada tahun 2021 dan 2022. Selain Nurjaya, penghargaan lainnya yang diraih oleh Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada yaitu sebagai Juara Harapan 1 dan Gagasan Kreatif Terbaik yang didapatkan oleh Gema Aditya Mahendra sedangkan Maulina Istihfaroh mahasiswa tahun kedua tersebut mendapatkan nominee Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Negeri Semarang.

Nurjaya, sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama 1 Tingkat Universitas Negeri Semarang masih tidak menyangka bahwa dirinya menempati posisi pertama karena memang banyak yang lebih baik dari dirinya dan bahkan Nurjaya mengatakan performa yang ia berikan belum maksimal khususnya pada kategori capaian unggulan. Namun, ia juga mengatakan bahwa rezeki seseorang tidak akan tertukar sehingga hasil akhir ini mungkin memang hasil yang terbaik. Selain itu, Nurjaya juga mengatakan banyak ucapan terimakasih karena dibalik dari suksesnya itu banyak orang-orang dibalik layer yang ikut membantu dan mendoakan untuk keberhasilannya seperti orangtua, pengasuh pesantren, dosen pembimbing dan teman-temannya.

Prestasi yang didapatkan oleh Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada ini semoga dapat menginspirasi mahasantri atau bahkan mahasiswa umum lainnya agar turut semangat dalam mengukir prestasi. Selain itu, semoga kedepannya penghargaan menjadi mahasiswa berprestasi ini menjadi budaya bagi Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada yang terus berupaya mencetak Muslim intelektual yang berakhlak mulia, berprestasi, dan memiliki keterampilan riset yang unggul.

Baca Juga:  Rayakan HUT RI Ke-78, Pesantren Riset Al-Muhtada Menggelar Festival Kemerdekaan

Berikut dokumentasi acaranya:

 

Related Posts

Latest Post