Perdalam Riset, Pesantren Riset Al-Muhtada Ikuti Seminar oleh Kemenag Balitbang Agama Semarang

 

Dok. pribadi

ALMUHTADA.ORG-Kamis, 28 Oktober 2021, Pesantren Riset Al-muhtada diundang sebagai peserta seminar terbatas dengan tema “Isu Aktual Pendidikan Agama dan Keagamaan” yang diselenggarakan oleh Kemenag Balitbang Agama Semarang. Selain sebagai peserta, pengasuh Pesantren Riset Al-Muhtada, Dani Muhtada, turut diundang sebagai salah satu narasumber utama pada acara tersebut.

Pesantren Riset Al-Muhtada mendelegasikan 2 orang mahasantri atas nama Alda Gemellina dan Wihda Ikvina untuk menghadiri acara tersebut. Acara yang bertempat di hotel Pandanaran kota Semarang tersebut memang membatasi jumlah partisipan yang hadir. Hanya terdapat 25 orang peserta yang terdiri atas Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Kantor Kemenag kota Semarang, dan beberapa pondok pesantren di lingkup Semarang yang hadir sebagai peserta.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan dan diikuti dengan dua sesi pemaparan materi inti. Seminar tersebut menyajikan empat hasil penelitian. Sesi pertama memaparkan dua penelitian yakni milik Drs. Mulyani Nudis Taruna, M.Pd, dkk. dengan judul “Model Pendidikan Pesantren di Tengah Komunitas Hindu”, dan milik Siti Muawanah, S.Pd.I, M.A dengan judul “Pelaksanaan Program Mandatory Tahfidz di Madrasah DIY”. Pemaparan tersebut kemudian ditutup oleh paparan materi dan rekomendasi penelitian dari narasumber, Dr. Dani Muhtada dengan tema “Isu Aktual Pendidikan Agama dan Keagamaan”.

Sementara sesi kedua diisi oleh dua penelitian milik A.M. Wibowo, S.sos.I, M.S.I, dkk dengan judul “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Inklusi pada Madrasah di Jawa Tengah” dan milik Umi Muzayanah, S.Si, M.Pd. dengan judul “Model Pembinaan Sains di MAN 2 Kota Malang Jawa Timur”. Dua penelitian juga kemudian ditutup dengan paparan materi dan komentar dari narasumber, Dr. Iwan Junaidi, M.Pd.

Baca Juga:  Penyambutan Mahasantri Baru Pesantren Riset Al-Muhtada Angkatan 2020

Penyelenggaraan seminar tersebut diharapkan menjadi salah satu wadah masukan bagi para peneliti untuk memperbaiki dan mengembangkan risetnya. Selain itu, dengan pelaksanaan seminar juga diharapkan dapat memberikan informasi empiris dari lapangan sebagai bahan pemikiran ke depan kepada para peserta.

Reporter : Wihda Ikvina Anfaul U. (Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada)

Editor       : Azkia Shofani Aulia (Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada)

Related Posts

Latest Post