Pertemuan Ketiga Short Course Metodologi Riset untuk Santri (Pesantren Riset Al-Muhtada x Populi Center)

As Simple as that

Pesantren Riset Al-Muhtada bekerja sama dengan Populi Center menyelenggarakan Kegiatan Short Course Metodologi Riset Tingkat Nasional untuk Santri. Dalam acara ini khusus membahas tentang metodologi riset dengan 4 narasumber serta topik yang berbeda-beda dengan dibagi dalam 4 pertemuan.

Pada pertemuan ketiga, yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 Oktober 2021 bersama narasumber Bapak Dr.Aji Sofanudin M.Si selaku peneliti senior Balitbang Agama RI, beliau menyampaikan materi seputar definisi penelitian bidang riset, bagaimana mangawali riset, menceritakan tentang ragam tulisan ilmiah, hakikat riset, tips dan kiat-kiat membuat karya tulis.

Bapak Aji dalam menyampaikan materi dengan sebelumnya memberikan pertanyaan mendasar seperti apa itu short course, apa itu metodologi riset, dan apa itu masalah? Baru setelahnya dilanjutkan menyampaikan materi. Inti kegiatan berupa pemaparan materi pun jadi terasa tidak monoton. Selain itu, Bapak Aji juga memberikan contoh-contoh terkait materi yang disampaikan sehingga bisa menambah pemahaman peserta.

Beberapa informasi yang didapatkan dari pertemuan kali ini diantaranya:

Metodologi berasal dari kata “metode” artinya sebuah jalan yang dilewati untuk mencapai tujuan. Sedangkan “logos” berarti ilmu. Jadi Metodologi adalah cara atau ilmu-ilmu yang dipakai untuk menemukan kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas apa yang dikaji. Riset adalah kegiatan yang dilakukan menurut metodologi ilmu untuk memperoleh data dan informasi. Sedangkan kegiatan ilmiah dilakukan untuk menjawab rumusan masalah. Masalah itu sendiri memiliki arti suatu kesenjangan antara idealitas yang tidak sesuai dengan realitas berdasarkan jawaban salah satu peserta ketika ditanya apa itu masalah.

Baca Juga:  Social Talkshow 2024 "Voices from the Frontline: Impactful Narratives of inspiring experience" Oleh Kementerian Sosial Masyarakat, Pesantren Riset Almuhtada

Bapak Aji mengatakan bahwasannya : “Riset yang baik adalah riset yang selesai, buat apa riset jika tidak selesaikan”.
Selain itu beliau juga selalu mengatakan “as simple as that” dengan maksud menjelaskan bahwa menulis itu mudah apabila kita terus berlatih.

Adapun tips kiat-kiat menulis dari Bapak Aji antara lain:

  1. Membangun Tradisi
  2. Strategi ATM (Amati Tiru dan Modifikasi)
  3. Penggunaan IT (memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang saat ini)
  4. Praktik

Sama seperti pertemuan minggu sebelumnya, pertemuan ketiga ini Bapak Aji memberikan penugasan berupa praktik menulis. Peserta dapat mengerjakan penugasan dengan melaksanakan kiat-kiat menulis yang disampaikan oleh Bapak Aji.

Harapannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk seluruh peserta dan menambah semangat untuk mengikuti pertemuan selanjutnya.

Reporter   : Tia Rosalita (Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada)

Editor         : Azkia Shofani Aulia (Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada)

Related Posts

Latest Post