Minggu Kedua Short Course Metodologi Riset untuk Santri Tingkat Nasional (oleh Pesantren Riset Al-Muhtada x Populi Center)

“Metodologi itu skill, jika tidak dipraktikkan maka tidak akan tahu”.

Sabtu, 16 Oktober 2021 merupakan pertemuan minggu kedua pelaksanaan kegiatan Short Course Metodologi Riset Tingkat Nasional untuk Santri dengan pembicara Pak Afrimadona, S.IP., M.A., Ph.D. selaku Direktur Eksekutif Populi Center Jakarta.

Seperti yang ketahui, pada pertemuan minggu pertama kegiatan Short Course Metodologi Riset untuk Santri diisi oleh Pak Dani Muhtada selaku pengasuh Pesantren Riset Al-Muhtada. Beliau telah menjelaskan tentang hal-hal mendasar mengenai penelitian mulai dari pengertian, manfaat, tujuan, dan jenis-jenis penelitian. Sedangkan untuk pertemuan pada minggu kedua ini Pak Afrimadona memaparkan mengenai salah satu jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Penelitiam Kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan teknik-teknik statitiska/ekonometrika untuk menganalisa sejumlah besar data dan observasi yang dikumpulkan melalui survey, experiment dan analisa isi (content analys). Dijelaskan bahwa alasan untuk belajar metode kuantitatif adalah, jika:

  1. Kita ingin menganalisa observasi (data points) dalam jumlah besar.
  2. Kita ingin membuat generalisasi empiris atau temuan.
  3. Kita ingin mengetahui arah dan kekuatan hubungan antar variabel dalam penelitian.
  4. Kita ingin menguji teori.

Seperti pada pertemuan pertama, tidak lupa peserta juga diberikan penugasan setelah mendapatkan ilmu dari pelaksanaan Short Couse minggu kedua ini. Penugasan pada pertemuan kedua ini adalah peserta diperintahkan untuk mencoba membuat design metodologi riset sederhana menggunakan metode kuantitatif. Peserta mencari rumusan masalah bagaimana yang harus dipecahkan dan bagaimana hipotesisnya berdasarkan cara-cara yang telah dijelaskan.

Because practice makes perfect .

Harapannya setelah pertemuan yang kedua ini peserta mendapatkan tambahan khasanah ilmu pengetahuan seputar riset dan tetap semangat untuk pertemuan di minggu selanjutnya.

Baca Juga:  Program Percepatan Kelulusan Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada

Reporter : Tia Rosalita (Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada)

Editor       : Azkia Shofani Aulia (Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada)

Related Posts

Latest Post